Pengertian Media Grafis
Pengertian Media
Kata
media berasal dari bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti tengah,
perantara, atau pengantar. Tetapi secara lebih khusus, pengertian media dalam
proses pembelajaran diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau
elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual
atau verbal. Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat
dipergunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian,
dan kemauan siswa, sehingga dapat terdorong terlibat dalam proses pembelajaran.
Gagne mengartikan media sebagai berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa
yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Heinich, Molenda, Russel (1996:8)
menyatakan bahwa : “A medium (plural media) is a channel of communication,
example include film, television, diagram, printed materials, computers, and
instructors. (Media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram,
materi tercetak, komputer, dan instruktur). AECT (Assosiation of Education and
Communication Technology, 1977), memberikan batasan media sebagai segala bentuk
saluran yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. NEA
(National Education Assosiation) memberikan batasan media sebagai bentuk-bentuk
komunikasi baik tercetak, audio visual, serta peralatanya.
Dari
berbagai batsan di atas dapat dirumuskan bahwa media adalah segala sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk meyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat
membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong
terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa.
Di samping itu, media pengajaran
dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu:
a. Media
auditif, yaitu media pengajaran yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja,
seperti radio, tape recorder, piringan audio. Media pengajaran ini cocok untuk
orang yang tuli atau mempunyai kelainan pendengaran.
b. Media
visual, yaitu media pengajaran yang hanya mengandalkan gambar diam, seperti
film strip (film rangkai), slides (film bingkai), foto, gambar, lukisan dan
cetakan. Ada pula media visual yang menampilkan gambar atau symbol
yang bergerak seperti film bisu dan film kartun.
c. Media
audio visual, yaitu media yang mempunyai unsure antara suara dan gambar. Jenis
media seperti ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan
gambar seperti film bingkai, ada suaranya dan ada pula gambar yang
ditampilkannya.
Media Grafis
Media
grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian
kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan
untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan
fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
Yang
termasuk media grafis antara lain :
- Grafik, yaitu penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
- 2Diagram, yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
- Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
- Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
- Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
- Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
- Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
Kelebihan Media Grafis adalah:
- Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
- Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
- Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Kelemahan Media Grafis adalah:
- Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
- Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.
Media cetakan dan grafis di dalam
proses belajar mengajar paling banyak dan paling sering digunakan. Media ini
termasuk kategori media visual non proyeksi yang berfungsi untuk menyalurkan
pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru kepada siswa). Pesan yang
dituangkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol yang
mengandung harti disebut ”Media Grafis”. Media grafis termasuk media visual
diam, sebagaimana halnya dengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk
menyalurkan pesan dari guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut
indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan
jelas. Media ini tidak termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya bila
ditimbang dari segi biaya.
Fungsi dari
media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan
mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya
dilakukan melalui penjelasan verbal. Jenis-jenis media grafis adalah:
1) Diagram
Diagram adalah suatu
gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik,
terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni
hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.
Berdasarkan konsep te rsebut di
atas, kiranya penggunaan media diagram dalam proses pembelajaran akan sangat
membantu bagi guru maupun siswa dalam menyimak materi pelajaran, karena pada
dasarnya diagram merupakan ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan
gagasan yang akan diuraikan.
Oleh karena diagram bersifat:
· simbolis
dan abstrak, kadang-kadang sulit dimengerti
untuk dapat membaca diagram diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi diagram tersebut
walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat diagram dapat memperjelas arti.
untuk dapat membaca diagram diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi diagram tersebut
walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat diagram dapat memperjelas arti.
Ciri-ciri diagram yang baik:
· benar,
diagram rapih dan disertai dengan keterangan yang jelas
cukup besar dan ditempatkan secara strategis
penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan
cukup besar dan ditempatkan secara strategis
penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan
2) Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang
menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang
saling berhubungan (R.Warsito, 2001 : 48).
Dengan berasumsi pada pengertian
grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk
memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan
cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik
3) Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi
yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang
lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya
(1989 : 51).
Media ini pada umumnya digunakan
untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai
sarana promosi.
4) Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam
bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain
untuk mempengaruhi opini masyarakat (1989 : 58).
Dengan berasumsi pada konsep
tersebut di atas, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran
walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya
kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam
penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna
5) Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun
yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat
dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.
(1989 : 69)
6) Gambar
Media grafis paling umum digunakan
dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh
peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit
menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak
verbalistik.
Kelebihan media ini adalah:
Kelebihan media ini adalah:
· sifatnya
konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal
· dapat
memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun
tua
harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam
penyampaiannya.
Kelemahannya.
gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata
ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
Kelemahannya.
gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata
ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
7) Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar
keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk
memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain:
perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi, jenis-jenis media bagan
antara lain : Tree chart, flow chart.
1. Bagan
lambang (piktograf)
Psikologi menunjukkan bahwa orang
lebih cepat memilih bahan yang disajikan secara visual, singkat dan jelas.
Disekolah dengan berkembangnya
tekhnologi alat peraga, piktograf mendapat kedudukan yang cukup penting.
Piktograf biasanya berupa gambar atau lambing, yang memiliki suatu jumlah daru
suatu sifat atau dari suatu hal
2. Bagan
Arus
Bagan ini pada umumnya berbentuk
garis – garis dengan berpanah ,bagaikan sungai yang datang dari berbagai sumber
air dan mengalir ke satu arah untuk kemudian bertemu satu dengan yang lain,
membentuk suatu arus besar yang menuju ke suatu muara.
3. Bagan
pohon
Bagan ini merupakan kebalikan dari bagan arus. Sumbernya
satu dan geraknya memencar, bercabang bagai pohon yang mulai tumbuh dari satu ,
kemudian memencar menjadi casbang – cabang dan dahan – dahan.
Comments
Post a Comment